Beranda Buku

Wednesday, May 30, 2007
Semangat Menulis..??!!!
Salah satu kru- BERANDA BUKU bilang bahwa menulis itu indah dan mengasyikkan. Bayangkan saja, kita bisa bercerita dengan bebas, menuangkan segala ide kita tanpa ada paksaan dari pihak lain. Bukankah itu sangat mengesankan? Sejenak saya berpikir, ada benarnya juga. Kalau tidak dimulai dari sekarang, lalu, kapan lagi?

Namun, ada beberapa masalah dalam menuliskan susunan kalimat yang benar. Orang yang selalu terburu – buru untuk menuangkan semua ide dalam tulisan, hasilnya, tulisan menjadi berantakan dan tidak terunut dengan baik.
Mungkin ada korelasi positif antara gaya menulis seseorang terkait dengan kepribadiannya. Bagi orang – orang yang pembawaannya tenang, tulisan mereka akan lebih terarah dan teratur. Sebaliknya, orang – orang yang pembawaannya terburu – buru, gaya tulisannya meloncat – loncat dengan alur yang berantakan. Sekali lagi, itu hanya opini saya dan hasilnya belum terbukti secara ilmiah.


Namun, terlepas dari semua itu. Hanya ada satu yang terpenting dalam memulai sebuah tulisan. Kedengarannya sangat klasik, tetapi itulah yang saya temui di hampir semua buku acuan yang berhasil saya baca. Motivasi, sebuah kata yang sederhana tetapi dengan segudang makna. Motivasi dalam diri kita adalah hal yang paling esensial. Karena dengan motivasilah kita bisa memulai melangkah dengan kekuatan tekad. Motivasi memberikan semangat kepada seseorang untuk menanggapi hal yang sulit menjadi mudah. Di situ ada keinginan yang kuat untuk mewujudkan sesuatu.

Einsten bilang bahwa memulai sesuatu adalah sudah menjadi setengah dari pekerjaan kita. Hal ini berlaku juga dalam menulis. Kalau kita sudah berhasil menuliskan sesuatu, walaupun sedikit, itu artinya kita tinggal menyelesaikan 50% dari seluruh pekerjaan kita. Bagaimana, mudah bukan?..

Nah, sekarang, jangan tunggu berlama – lama lagi. Siapkanlah pena dan kertas atau kalau perlu duduk di depan monitor. Tulislah apa yang ingin kamu tuliskan. Apapun itu namanya. Dan kamu akan lihat sendiri, betapa menakjubkan hasilnya.

Setelah kamu melakukannya, tetap pertahankan semangat itu. Dan berlatihlah setiap hari. Insya Allah dengan konsistensi yang kita bangun, kita akan lihat seberapa hebat karya kita pada akhirnya. Selamat berkarya!!!

Labels: ,

posted by Beranda Buku @ 11:32 PM  
1 Comments:
  • At 10:12 PM, Blogger fitrahrabbani said…

    hubungan antara personality ama jenis tulisan sok pasti ada. soalnya bersangkutan dengan isi kepala/pola pikir orang tsb

     
Post a Comment
<< Home
 

Dukung Gerakan Literasi Kami/Support our Literacy Movement
Kunjungi blog kami secara regular. Berikan komentar/Visit this site regularly. Please leave a comment
Kirimkan donasi Anda berupa buku2, finansial atau sarana/Send your donation, books, financial and/or other library inventories
Donasi dapat dialamatkan ke SINI /Send your donation HERE

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Comment Please!!
Name :
Web URL :
Message :


Blog Perpustakaan

Menu
Friends & Associates
Templates by
Free Blogger Templates

Pembelajar sejati adalah pembelajar sepanjang kehidupan berdetak dalam ribuan warna musim dengan senyuman ingin tahu Ibrahim menanyakan siapa diri, menanyakan siapa Tuhannya . A lifelong learner is a learner for as long as his/her heartbeat still in a thousand of color of seasons with a smile of Abraham asks who he is, asking who his lord is.