Beranda Buku

Wednesday, December 20, 2006
SEKILAS PROFIL BB/BB At A Glance

Proses Pembelajaran/Learning Process


Membaca merupakan suatu proses pembelajaran, cara yang efektif dalam menginvestasi keadaan di sekeliling kita untuk mengembangkan mental dan pengetahuan kita.
Proses pembelajaran membaca adalah memahami dan memaknai apa yang kita baca sehingga memunculkan antusiasme yang membuat kita memiliki wawasan luas dan kaya perspektif.
Kecintaan membaca identik dengan kecintaan mempelajari hal baru sehingga manusia bisa meningkatkan kualitas dirinya, memiliki kecakapan unggul dalam dunia global yang sarat dan pesat informasi ini.
Proses pembelajaran yang baik adalah Accelerated Learning. Prinsip belajar yang melibatkan seluruh pikiran dan tubuh yang berlangsung pada banyak tingkatan secara simultan; tidak hanya mengumpulkan informasi tapi juga dari mengerjakan pekerjaan itu sendiri.
Penerapan prinsip ini pada perpustakaan adalah dengan menambahkan fungsi perpustakaan sebagai tempat membaca (reading society), dan kegiatan pembelajaran lainnya (learning society). Selanjutnya, perpustakaan akan berfungsi sebagai sarana berekreasi dan berkreasi yang bersifat mendidik dan membudaya, membangun karakter (character building) masyarakat hari ini dan di masa depan.



Budaya Baca/Reading Habits


Kemajuan teknologi hiburan begitu mengkontaminasi minat masyarakat untuk menekuni bacaan dan mengunjungi perpustakaan. Di saat minat tersebut masih rendah dan budaya membaca belum terbentuk di kalangan siswa, pada saat yang sama pula mereka ditawari hiburan beraneka macam. Ini artinya, para siswa langsung berada pada tataran budaya dengar dan lihat, tanpa melewati budaya baca. Keterlanjuran ini mempersulit upaya mengajak siswa kembali pada budaya baca sebagai landasan awal sebuah proses pembelajaran.
Belum membudayanya gerakan membaca ini membuat daya beli buku rendah dan harga buku menjadi relatif mahal. Kenyataan ini tidak menjadi hambatan untuk memulai ke arah perbaikan anggapan tersebut, namun dijadikan motivasi kami di Komunitas Beranda Buku selaku penggiat buku untuk mendirikan Perpustakaan Beranda Buku.
Memang tidak mudah menjadikan perpustakaan sebagai tempat wisata pembelajaran yang bersahabat, menyenangkan, nyaman, serta memudahkan pengaksesan informasi terkini dan lampau. Akan tetapi, kemampuan mengurangi kesan angkuh dan terisolirnya sebuah perpustakaan adalah aksi nyata yang patut disebarluaskan. Perpustakaan Beranda Buku akan digiringkan menjadi sebuah pusat wisata belajar tersebut. Kami percaya keberadaan perpustakaan seperti ini akan menggiatkan minat baca masyarakat. (dari berbagai sumber)


Maksud & Tujuan / Our Goals


- Pusat belajar, sumber pengetahuan, informasi, dan kegiatan budaya.
- Memudahkan masyarakat untuk mendapatkan referensi buku.
- Memupuk dan mengkondusifkan minat baca.
- Menjadikan kegiatan membaca dan kegiatan pembelajaran lainnya sebagai suatu kebiasaan yang menyenangkan. - Meningkatkan potensi dan minat keilmuan masyarakat khususnya generasi muda.


Sasaran/ Targets


Masyarakat umum dari segala bidang dan kalangan, baik itu anak-anak, remaja ataupun dewasa, terpelajar ataupun tidak, kalangan mampu maupun kaum dhuafa.


Koleksi Pustaka/Library Collection


Bahan pustaka yang diprioritaskan dan dibutuhkan diantaranya buku-buku kategori:
Novel, Kumpulan Cerpen, Komik mendidik, Agama, Buku cerita dan dongeng anak, Pengembangan diri, Manajemen, Buku kiat-kiat praktis, Buku literasi berbahasa asing, Buku-buku umum lainnya (IPTEK, seni, biografi, bahasa, sastra, hobi, kamus, keterampilan, jurnalistik dan film, ekonomi, kesehatan, kuliah juga pelajaran).

Operasional/Operational


Fasilitas operasional kami masih terbatas peralatan pendukung operasional lainnya. Jam buka setiap hari. Tutup pada hari libur nasional.



Komunitas/ Community


Lifelong Learning Leisure, itulah slogan kami, sebuah pusat wisata pembelajaran sejati. Kebersamaan kami di komunitas Beranda Buku tercipta dari persahabatan yang melahirkan sebuah kekuatan besar untuk mewujudkan impian menjadi bagian dari gerakan mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Impian ini berwujud nyata sebuah Perpustakaan Beranda Buku. Ini merupakan bukti bentuk kooperasi kami dalam perkembangan budaya literasi di tingkat lokal (kecamatan/kabupaten) untuk mendukung tumbuhnya perpustakaan-perpustakaan komunitas (community libraries) yang belakangan ini telah menjamur di kota-kota besar.


Profil /Profile


Awal perpustakaan berdiri pada pertengahan Desember 2006, kami terletak di Jl. Adipati Agung no 12, Baleendah, kemudian awal Agustus 2007 Beranda Buku menempati lokasi baru yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi pertama. Lokasi yang baru ini lebih luas, nyaman dan lebih representatif dari tempat sebelumnya. Tempat seluas 8x5 meterĀ² ini terletak di Jl. RAA. Wiranakusumah no. 14 RT/RW 06/18, Bale Endah, Kab. Bandung yang kami sewa selama setahun. Biaya sewa ini kami dapatkan melalui pinjaman dari seorang donatur. Ruang ini dibuat lesehan untuk kenyamanan pengunjung yang ingin meminjam dan membaca di tempat. Kemudian lokasi pindah lagi lokasi yang baru, yang awalnya dijadikan sebagai lokasi permanen namun karena terjadi bencana banjir besar pada tahun 2010 maka kami memutuskan untuk memindahkan lagi ke lokasi yang aman pada awal tahun 2012. Lokasi terbaru ini cukup strategis, karena terletak sekitar 100 meter sampai 2 Km dari pusat pendidikan, pemerintahan, pasar tradisional, dan mesjid agung kecamatan. Ini lokasi sekarang.


Program Kerja/Programs

Program kerja umum yang akan terus dilaksanakan hingga kini:

- Kegiatan peminjaman buku dengan harga yang sangat murah, kecuali buku-buku anak dipinjamkan secara gratis.
- Menjalin kerjasama dalam kegiatan-kegiatan selain peminjaman dengan media, penerbit, instansi/ LSM, organisasi pemuda dan kemasyarakatan.
- Menggalang dana/donatur tetap.
- Program waqaf buku di mana masyarakat bisa menyumbangkan buku-buku ke Beranda Buku.
- Menyebarkan informasi dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan Beranda Buku.

Kegiatan-kegiatan tersebut bisa berupa kegiatan harian, mingguan, atau pun insidental. Kegiatan yang telah kami sukses kami lakukan (selain peminjaman buku) berupa bedah karya, temu penulis, pelatihan baca tulis, seminar speed reading, olimpiade sains.


Dana Usaha & Rencana Anggaran /Financial Statements


Saat ini sumber dana Beranda Buku berasal dari dana pribadi para pengurusnya dan kegiatan peminjaman buku dari anggota. Kondisi koleksi dan perlengkapan operasional perpustakaan yang telah tersedia saat ini berasal dari swadaya para pengurusnya. Selanjutnya, honor penjaga perpustakaan dan biaya operasional lainnya baik bulanan maupun tahunan diharapkan berasal dari donator luar. Dana kegiatan-kegiatan lain pun diharapkan berasal dari donatur dan dana tidak tetap seperti dari bazaar buku.
Sistem kegiatan yang dipakai Beranda Buku adalah sistem subsidi silang. Sistem ini memungkinkan penggratisan terhadap hampir seluruh kegiatan yang diadakan Beranda Buku bagi anggotanya, kecuali kegiatan peminjaman buku. Di atas segalanya, semua program Beranda Buku ditujukan tidak hanya bagi kalangan umum yang mampu tapi juga bagi kemaslahatan kaum dhuafa, agar mereka mampu mengembangkan wawasan dan potensinya ---diusahakan--- tanpa mengeluarkan dana sama sekali.



Keterlibatan dan Komitmen/Connection & Commitment

Alhamdulillah, demikian Proposal Perpustakaan Beranda Buku ini kami buat dengan sebaik-baiknya. Proposal ini dibuat untuk mengajak seluruh pihak terlibat dan berkomitmen dalam mendukung usaha-usaha masyarakat terutama generasi mudanya untuk memperbaiki dirinya sendiri dan membawa kontribusi yang sangat besar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Kami berharap keterlibatan dan komitmen Anda untuk dapat melengkapi bahan-bahan pustaka dan/atau pengadaan dana taktis operasional. Kami akan melaporkan kembali secara teratur pada Anda, anggaran operasional dan kegiatan serta program kerja kami. Kami pun mengajak Anda untuk sesekali mengunjungi dan melihat kegiatan yang kami adakan atas partisipasi Anda.


Kami Ada Karena Anda/We Here Because of Your There


Keberhasilan pelaksanaan dan pengembangan Beranda Buku tentulah akan terwujud melalui bantuan Anda yang teratur dan berkesinambungan. Kami pun mengharapkan kerjasama ini terjalin secara positif dan terarah sehingga dapat dipertahankan pada masa yang akan datang.

Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan Jazaa kumullahu khoirun katsiron. Amin





Labels: ,

posted by Beranda Buku @ 7:03 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 

Dukung Gerakan Literasi Kami/Support our Literacy Movement
Kunjungi blog kami secara regular. Berikan komentar/Visit this site regularly. Please leave a comment
Kirimkan donasi Anda berupa buku2, finansial atau sarana/Send your donation, books, financial and/or other library inventories
Donasi dapat dialamatkan ke SINI /Send your donation HERE

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Comment Please!!
Name :
Web URL :
Message :


Blog Perpustakaan

Menu
Friends & Associates
Templates by
Free Blogger Templates

Pembelajar sejati adalah pembelajar sepanjang kehidupan berdetak dalam ribuan warna musim dengan senyuman ingin tahu Ibrahim menanyakan siapa diri, menanyakan siapa Tuhannya . A lifelong learner is a learner for as long as his/her heartbeat still in a thousand of color of seasons with a smile of Abraham asks who he is, asking who his lord is.